Featured

    Featured Posts

  • dimana kehidupan
  • disitulah jawaban

Perjalanan Iwan Fals Orang Gila Mendobrak Kegilaan

Jam Tangan Logo Oi Couple
Pada awal mendengarkan lagu milik Iwan Fals, Anda pasti berpikir bahwa Iwan Fals orang gila. Hal ini karena lirik lagu-lagunya sungguh sangat tidak bersahabat, khususnya bagi mereka yang melakukan kesewenang-wenangan dalam posisinya.

Ilustrasi Iwan Fals Orang Gila
Iwan Fals yang bernama asli Virgiawan Listyanto H ini memulai debut menyanyinya dari album PERJALANAN yang menceritakan penderitaan seseorang yang naik kendaraan umum dan mendapati teman sebangku mengalami mabuk, muntah-muntah.

Seorang nenek-nenek yang bawel dan cerewet untuk ukuran lelaki muda yang berada dalam perjalanan selama hampir sembilan jam, di bis tua sialan.

Sungguh ini merupakan syair yang sangat unik pada jamannya, dimana pada saat itu lagu-lagu banyak yang mendayu merayu, tetapi Iwan Fals memilih syair yang begitu sederhana tetapi menggigit dan menohok.

Meskipun demikian, dia tetap dianggap sebagai Iwan Fals orang gila. Perjalanan karir Iwan Fals orang gila memang sangat fantastis sehingga begitu lagu-lagunya memasuki pasar, masyarakat langsung mengenalinya.

Musik Iwan Fals memang mempunyai kekhasan tersendiri. Pada saat itu belum banyak yang berani bertaruh menceburkan karir dalam genre musik yang satu ini. Bahkan, masyarakat mengatakan bahwa Iwan Fals adalah penyanyi yang paling berani di negeri ini. Syair-syairnya begitu ganas menyerang tatanan yang dianggap tidak benar.

Syair Lagunya Adalah Penyadaran

Hampir semua album Iwan Fals merupakan upaya untuk meluruskan ketimpangan-ketimpangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sebagaimana syair yang ditulisnya dalam album berjudul Orang Gila, Orang gila yang ditemuinya dalam perjalanan pulang jam dua malam.

Bagaimana seorang orang gila masih menyadari bahwa untuk menyeberang jalan, dia harus lewat di zebra cross, bahkan tepat di tengah-tengahnya. Langkahnya lurus ke depan.

Iwan Fals orang gila memang merupakan ungkapan bahwa orang gila saja masih menyadari keharusan dalam kehidupan. Mengapa mereka yang waras justru lebih gila dari orang gila?

Dan, jika kita telusuri dari sekian banyak album yang berhasil ditelorkan oleh Iwan Fals orang gila ini, maka seharusnya menyadarkan pendengar bahwa banyak tindakan dan kelakuan yang tidak mencerminkan sebagai manusia waras.

Banyak manusia yang tidak menyadari bahwa kehidupan mereka tidak waras, alias gila. Banyak dari manusia yang lebih gila dari orang gila! Tetapi, karena gayanya yang nyentrik dalam menuliskan syair lagu, banyak orang yang merasa tersindir dan menganggap bahwa Iwan Fals orang gila.

Mereka tidak dapat menerima apa yang disampaikan oleh Iwan Fals, terutama mereka yang melakukan kesalahan dalam kehidupan di masyarakat. Mereka merasa bahwa Iwan Fals telah mempermalukannya dengan mengangkat tema kelakuan mereka dalam lagu-lagu Iwan Fals.

Mereka tidak menyadari apa yang telah dilakukan, justru semakin menenggelamkan kehidupannya dalam kenistaan sebab mengabaikan ajakan positif dari seorang Iwan Fals orang gila ini.

Semua Aspek Kehidupan Digarap Iwan Fals

Kalau Iwan Fals dikatakan sebagai pemusik country, memang begitulah adanya dan pada umumnya pemusik dan penyanyi country adalah juga penyanyi balada.Pada setiap karyanya Iwan Fals memang berusaha untuk menyampaikan hal-hal penting untuk kepentingan masyarakat dan bukan kepentingan golongan, apalagi kepentingan pribadi.

Sungguh hal tersebut tidak pernah terpikirkan walaupun banyak orang mengatakan Iwan Fals orang gila tetapi dia justru lebih waras dari orang-orang waras. Ketika Iwan Fals menemukan satu atau beberapa kondisi kehidupan yang jauh dari kebenaran yang dianggapnya sebagai acuan hidup, maka pada saat itulah nuraninya mulai bekerja dan berusaha untuk memperbaiki kondisi.

Memang, dia tidak mungkin dapat memperbaiki mengikuti kapasitasnya. Tetapi dia yakin bahwa melalui sentilan-sentilan yang dituliskan dalam syair lagu, maka orang menyadari bahwa mereka tidak pantas menyebut Iwan Fals orang gila sebab justru Iwan Fals lebih waras dari mereka.

Meskipun demikian, bukan berarti Iwan Fals tidak dapat menuliskan syair cinta. Bahkan rasa cinta yang disampaikan lewat syair lagunya begitu halus dan bermakna. Ada satu lagu yang syairnya seperti ini..

Ingin kuludahi mukamu yang cantik// agar kau mengerti bahwa kau memang cantik// ingin kucongkel keluar indah matamu// agar engkau tahu memang indah matamu// harus kuakui bahwa aku pengecut// untuk menciummu juga merabamu// tapi aku tak takut untuk ucapkan// segudang kata cinta padamu//.. dan seterusnya.

Ini merupakan pernyataan Iwan Fals orang gila terhadap kekasihnya yang untuk mengatakan mata kekasihnya indah, maka harus dicongkel dan meludahi muka kekasihnya agar kekasihnya tahu dia cantik. Sungguh sebuah ungkapan yang gila.

Namun, itulah kenyataan. Iwan Fals Orang gila yang selalu ingin mendobrak kegilaan yang terjadi dalam kehidupan sebab dia menyadari bahwa kegilaan itu sangat membahayakan eksistensi sebagai manusia, makhluk dengan keistimewaan di depan Tuhan, bahkan atas malaikat-malaikat yang ada.

Sumber : anneahira

Baca Juga Artikel Fals dibawah ini

author

dwisTROi Group

Hallo bos, kami dari dwisTROi Group. ini adalah blog sederhana dari kami.

kami dapat dihubungi lewat email info@dwistroi.com

Update otomatis dari blog ini

Komentar disini

www.CodeNirvana.in

Powered by Blogger.
Blog dwisTROi blog online sejak 2007 | Template By Code Nirvana