Featured

    Featured Posts

  • dimana kehidupan
  • disitulah jawaban

Fals, Nyanyian di Tengah Kegelapan (Edisi Revisi Agustus 2007)

Jam Tangan Logo Oi Couple
 Buku Tentang Iwan Fals
Buku Iwan Fals
Penulis  : Mokoo Awe
Tebal   : xx +270 Hlm
Ukuran : 13 x 20 cm

 Buku ini mengulas tentang lirik lagu Iwan Fals. Penulisnya bernama A. Ambarmoko atau dalam buku ini menjadi Mokoo Awe.Ini adalah skripsinya yang di jadikan sebuah buku, membaca buku ini agak sedikit membutuhkan konsentrasi, karena isinya lumayan agak berat. Kita seperti membaca skripsi. Disini lirik lagunya dianggap sebuah puisi oleh penulisnya, dan di kaji dengan kaidah kaidah puisi, mengagumkan ternyata semua kaidah puisi masuk di dalamya .
Bukan itu saja, buku ini secara berkesinambungan memang menepatkan lirik lagu karya Iwan Fals sebagai sebuah puisi, sehingga analisanya benar-benar masuk sampai pada semua unsur-unsur pembentuk sebuah puisi. Analisa tematik dalam setiap lirik lagunya, tinjauan bahasa puisi yang meliputi :
 
1.      Bunyi yang didalamnya terbagi pada unsur persajakan, orkestrasi bunyi,   kiasan bunyi.
2.      Kata yang kemudian mencakup pada ; Diksi (pilihan kata), Kosa Kata, Bahasa kiasan {figurative language, yang didalmnya mencakup; perbandingan (simile), metafora, personifikasi, perumpamaan epos (epic simile), alegori, ironi}, Citraan  (imagery), Sarana Retorika {parelelisme, hiperbola, bombasme, klimaks}. (perbendaharaan kata),

Kalau membaca semua hal itu rasanya aneh dan berat banget. Tapi kalau dipikir-pikir hebat juga ya, karena si penulis mampu mengurai dan mencari dan kemudian menemukan semua itu dalam hampir keseluruhan karya Iwan Fals. Dan kalau ditarik lagi lebih jauh berarti Iwan Fals luar biasa banget dalam berkarya, tanpa belajar di sekolah sastra sepertinya dia begitu paham dengan semua teori itu sehingga dihasilkan karya yang begitu luar biasa. Buku ini telah mengalami cetak ulang berkali kali sampai sekarang.

Terimakasih untuk Bang Damuh dan Mas Heri.

Bagi kawan-kawan yang ingin memiliki buku ini bisa langsung klik gambar diatas atau klik disini.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Baca Juga Artikel Fals dibawah ini

author

dwisTROi Group

Hallo bos, kami dari dwisTROi Group. ini adalah blog sederhana dari kami.

kami dapat dihubungi lewat email info@dwistroi.com

Update otomatis dari blog ini

Komentar disini

www.CodeNirvana.in

Powered by Blogger.
Blog dwisTROi blog online sejak 2007 | Template By Code Nirvana